Mengenal Apa Itu Processor Komputer?

Elektronika - Processor atau biasa disebut dengan processor adalah otak yang mengatur kerja sebuah komputer Artinya seluruh aktivitas sebuah komputer dikontrol dan diperintah dari processor.

Processor atau lebih dikenal dengan Central Processing Unit merupakan otaknya komputer. Produsen processor komputer yang paling besar saat ini adalah Intel dan AMD (Advanced Micro Device) processor buatan Intel antara lain : Processor (yang biasanya disebut CPU) membaca intruksi dari memory tentang apa yang harus dilakukannya dan mengeksekusinya. .

Semakin tipis sebuah processor maka akan semakin cepat kinerjanya, serta mengurangi panas yang berlebih dan membutuhkan power yang kecil pula. Fungsi Processor adalah menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama (main memory) dengan cara mengambil instruksi, menguji instruksi tersebut, dan menjalankaninstruksi satu demi satu.

Processor terdiri dari tiga komponen, yaitu :
1. Control Unit (CU), berfungsi mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer.
2. Arithmetic Logical Unit (ALU), berfungsi melakukan operasi aritmatika dan logika.
3. Register-register, berfungsi sebagai memori utama yang bekerja sangat cepat sebagai tempat operan-operan dari operasi yang akan dilakukan.

Komponen-komponen itu dihubungkan oleh sebuah bus. Bus ada tiga macam yaitu : Bus Alamat (Addres Bus), Bus Data (Data Bus), Bus Kendali (Control Bus).

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites