Memperbaiki Printer Matrix Point MP7645

Elektronika - Printer kasir matrix point atau bahasa gaulnya “Receipt Printer” dot matrix type MP6745 yang biasa digunakan untuk aplikasi Komputer Kasir “Point of Sale” POS.

Printer Matrix Point MP7645
Jika rekan – rekan pernah mengalami hasil cetakan yang sudah mulai pudar meskipun sudah diganti pita atau ribbon, huruf yang tercetak putusxx ataupun gejala – gejala hasil cetakan yang sudah tidak terlihat sama sekali. Nah itu gejala head pada printer anda sudah mulai lelah untuk bekerja ataupun malah sudah tidak mau kerja sama sekali.

Biasanya untuk kasus demikian jika anda menghubungi vendor terdekat pasti akan segera disarankan untuk kirim printer anda ke toko terdekat untuk direparasi , hmm yang pasti butuh waktu plus biaya kirim plus biaya reparasi dong. Padahal kalau anda pernah lihat atau pernah utak – atik tentunya anda tahu bahwa mengganti head printer kasir MP7645 simple dan ga makan waktu yang lama.

 Berikut tips cepat atasi hal tersebut, konsultasikan dengan teknisi dari vendor bahwa benarxx gejala kerusakan yang terjadi pada printer anda adalah gejala kerusakan head printer.
 Berikut panduan selengkapnya;

1.buka pelindung head printer seperti pada gambar, perhatikan tanda panas, jika baru saja digunakan dan tersentuh efeknya pasti akan terasa sedikit hangat, gunakan pelindung tangan bila perlu.


2. Nah kalau sudah kelihatan kepala printernya alias head printer, cari 2 baut pengaman nya, lepaskan dengan hati – hati dengan alat bantu alias obeng.


3. Geser kesebelah kiri head printernya, perhatikan kabel tipis warna orange yang terkait di head printer dan bagian bawah. lepaskan dengan hati – hati.


4. Ganti head printer yang rusak dengan yang baru , dan pasangkan kembali seperti semula. ingat jangan sampai terbalik pasang kabelnya.

5. Yang terakhir pasangkan kembali semua perangkat, hubungkan dengan power dan coba test print, caranya pada posisi printer mati tekan dan tahan tombol feed, nyalakan power printer dan lepaskan tombol feed. perhatikan hasil test print nya jika masih kurang bagus coba cek semua perangkatnya apakah sudah terpasang dengan baik.

Ok Baik semoga bermanfaat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites